Minggu, Juli 7, 2024
BerandaBlogApa itu MOBA? Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Apa itu MOBA? Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Trend game MOBA masih eksis hingga saat ini. Sebelum namanya mencuat seperti sekarang, dahulu game MOBA hanya dimainkan oleh kalangan tertentu saja. Namun, kini berbanding terbalik karena game ini bisa dimainkan siapa saja. Bahkan oleh anak-anak sekolah dasar yang rata-rata sudah melek teknologi pun bisa memainkannya secara mandiri di smartphone.

Sayangnya, belum banyak yang mengetahui apa itu MOBA. Bahkan, singkatan dari MOBA sendiri sangat jarang diketahui. Padahal, mengetahui informasi ini sangat menarik, apalagi jika kamu merupakan pecinta game.

Dengan menyimak informasi ini, tentunya akan menambah wawasan sebagai topik pembicaraan nanti ketika sedang bersama teman sesama gamer. Yuk, mulai ketahui sejarahnya dulu!

Apa itu MOBA? Pengertian dan Penjelasan Lengkap

Sejarah MOBA

Tidak seperti cerita sejarah yang membosankan, malah menyenangkan mengetahui perjalanan MOBA yang kini berhasil menjadi sebuah trend kekinian yang tidak habis digerus zaman hingga bertahun-tahun. MOBA singkatan dari apa?

Kepanjangan dari MOBA sendiri ialah Multiplayer Online Battle Arena, atau dalam bahasa Indonesianya yaitu Arena Pertempuran Online Multi Pemain.

Sebelum sekeren sekarang, dahulu sekitar tahun 1989, ada sebuah game bernama Herzog Zwei buatan Tecnosoft yang memiliki elemen-elemen dasar Multiplayer Online Battle Arena yang sekarang.

Kemudian, pada tahun 1998, seseorang bernama AEON64 membuat game berjudul Aeon of Strife (AoS), yakni modifikasi dari StarCraft yang masih populer hingga saat ini. User interface AoS saat itu lebih baik dari Herzog Zwei.

Selanjutnya, pada tahun 2003, seseorang bernama Eul memodifikasi Warcraft 3, dengan menambahkan player menjadi 5 lawan 5, jungle, leveling up, hingga experience, yang kemudian disebut sebagai Defence of the Ancient (DotA). Serunya game DotA saat itu sampai memunculkan fenomena turnamen khusus. Dan pada masa kejayaan inilah, muncul game-game MOBA asli yang bukan lagi merupakan hasil modifikasi. Beberapa di antaranya yaitu League of Legends dan DotA 2.

Yang kita bicarakan tadi merupakan MOBA PC. Sementara itu, untuk versi mobile MOBA pertama diinisiasi oleh Super Evil Megacorp yang mengusung Vainglory. Setelah itu, muncullah Mobile Legends, Wild Rift, dan Multiplayer Online Battle Arena mobile terbaru lainnya.

Apa itu MOBA? Ini Karakteristiknya

Kini kamu sudah mengetahui sejarah dari MOBA. Lantas, apa itu MOBA?

Setelah mengetahui singkatan dari MOBA dan mengenali game-game MOBA terdahulu, bisa kita simpulkan bahwa MOBA merupakan game bertema pertarungan dengan banyak player yang dilakukan secara online dan terbatas pada satu arena.

Supaya kamu semakin memahaminya, kenali beberapa karakteristiknya berikut ini.

1.     Game Bergenre Strategi yang Memiliki Tujuan

MOBA mengambil genre strategi dengan turunan action real time, makannya game ini dimainkan secara online.

Namun, karakteristik yang paling menonjol yakni game ini memiliki tujuan. Kemenangan bermain game MOBA bukan sekadar mencapai garis finish biasa, melainkan tujuan yang seru dan menantang, di mana kamu harus menghancurkan semua bangunan inti dari tim lawan.

2.     Berorientasi pada Kerjasama Tim

Untuk mencapai tujuan menghancurkan bangunan milik lawan, maka diperlukan sebuah tim agar kamu bisa memainkan game Multiplayer Online Battle Arena. Jika ada tim, maka ada strategi, kemudian saling berkomunikasi sehingga bermain game terasa menyenangkan.

FYI Kamu bisa beli voucher game disini tempatnya di Garuda Voucher

3.     Memiliki Mekanisme Permainan yang Dinamik dengan Keamanan Ketat

Inilah karakteristik lain yang menjadi acuan sebuah game masuk dalam kategori MOBA, yakni bersifat dinamik. Tidak ada repetitif alias tidak ada permainan yang sama persis dengan permainan sebelumnya. Selalu memberikan pengalaman bermain yang mengejutkan.

Hal tersebut dikarenakan MOBA memiliki mekanisme permainan yang kompleks serta karakter yang dapat dikostumisasi sesuai dengan gaya bermain. Walaupun begitu, sebenarnya sistem bermain di game MOBA sangatlah sederhana dan mudah dipahami. Hanya saja sangat sulit untuk menguasainya karena sifat dinamisnya.

Dengan mekanisme yang kompleks, maka game Multiplayer Online Battle Arena selalu dipantau oleh para developer. Hal ini dilakukan agar para pemain bisa mendapatkan pengalaman bermain yang semakin berkualitas.

4.     Free to Play, Tapi Terbatas

Ciri lainnya dari game MOBA yaitu free to play tapi terbatas. Dengan kata lain, game bisa didapatkan dan dimainkan secara gratis, namun karakternya dibatasi dan diperbarui secara berkala. Jika kamu menginginkan karakter tertentu, maka kamu harus membayar sejumlah uang. Tentunya, sejumlah uang yang dikeluarkan sebanding dengan pengalaman yang diberikan.

Kesimpulan

Itulah tadi pengertian dan penjelasan tentang MOBA. Jika dapat disimpulkan secara lebih sederhana lagi, yakni MOBA adalah genre game multiplayer, dimainkan secara online, dan terdapat pertarungan di dalamnya yang dilakukan dalam satu arena terbatas.

Kemudian, dalam arena tersebut terdapat jungle yang berisi monster untuk dilawan sehingga memberikan pengalaman, dan apabila berhasil, kamu dapat leveling up. Selain itu, game MOBA juga memiliki turret, serta mengharuskan kamu menghancurkan base dari tim lawan.

Jadi, jika kamu memainkan sebuah game yang memiliki sejumlah karakteristik tadi, maka game tersebut bisa dikatakan sebagai MOBA. Kalau kamu sendiri suka bermain game MOBA apa?

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments