Minggu, Juni 30, 2024
BerandaPanduan8 Cara Memulai Bermain Valorant untuk Pemain Baru

8 Cara Memulai Bermain Valorant untuk Pemain Baru

Buat kamu yang baru pertama kali menjajal game Valorant, penting untuk memahami cara memulai bermain Valorant untuk pemain baru. Apalagi game Valorant sedang populer di Indonesia, tentu kamu nggak mau ketinggalan tren main game ini, bukan?

Valorant sendiri termasuk game first person shooter(FPS) seperti Overwatch atau CS: GO. Namun game ini menawarkan gameplay berbeda yang menjadikannya sebagai salah satu game FPS terlaris saat ini. Lantas, bagaimana cara memainkan Valorant? Apakah sama seperti game FPS lainnya? Berikut cara memainkannya.

8 Cara Memulai Bermain Valorant untuk Pemain Baru

cara memulai bermain Valorant untuk pemain pemula

Dalam memainkan game Valorant, kamu butuh strategi, keterampilan dan kerja sama tim. Bagi kamu yang baru pertama kali mencoba game ini, berikut panduan memainkan Valorant yang dapat kamu ikuti. Sebelum itu, kalian bisa cek terlebih dahulu tempat top up valorant paling murah di garuda voucher valorant

  • Memahami Gameplay Valorant

Seperti saat bermain game lainnya, kamu harus memahami gameplay atau alur permainan Valorant terlebih dahulu. Di game ini terdapat 2 tim yang saling berlawanan terdiri dari 5 orang pemain. Satu tim akan berperan sebagai penyerang atau attacker yang bertugas menanam bom di sejumlah area lawan. 

Sedangkan tim yang lain berperan untuk bertahan atau defender yang bertugas mencegah tim attacker menanam bom dan mematikan bom. Di awal permainan kamu akan menerima creds atau uang yang dapat digunakan untuk membeli senjata. Kalau kamu pernah memainkan game Counter Strike, pasti tak asing dengan alur game seperti ini.

  • Memilih Agent Sesuai dengan Gaya Bermain

Sebagai player, kamu harus memilih karakter yang akan dimainkan di dalam game ini atau disebut juga sebagai agent. Valorant memiliki 18 agent dengan kemampuan berbeda-beda. Pilih agent sesuai dengan gaya bermain yang kamu sukai. 

Sebagai contoh, kalau ingin berfokus pada penyerangan dan membunuh lawan, kamu bisa memilih Duelist. Kalau lebih suka bertahan, kamu dapat memilih agent Sentinel. Sedangkan agent Controller lebih cocok bila ingin mengendalikan lawan. Ada pula peran Initiator yang bertugas mengumpulkan informasi dan membantu tugas anggota tim lainnya.

  • Pandai-pandai Memilih Senjata

Cara memulai bermain Valorant untuk pemain baru selanjutnya adalah memilih senjata sesuai dengan karakter dan gaya bermainmu. Di dalam Valorant ada banyak variasi senjata yang dapat kamu gunakan. Setiap senjata tentu memiliki spesifikasi dan tujuan penggunaan tersendiri.

Kamu dapat mencari tahu jenis dan cara penggunaan senjata tersebut sebelum mulai bermain Valorant. Sejumlah senjata yang cukup populer di kalangan player seperti Operator, Phantom, Vandal, Sheriff dan Spectre. Sering-seringlah latihan menggunakan senjata yang berbeda-beda hingga menemukan pasangan senjata yang tepat di setiap kondisi permainan.

  • Kenali Map dengan Baik

Mengenali map atau peta dalam game Valorant akan menjadi salah satu kunci kemenanganmu. Setidaknya ada 10 jenis map yang akan kamu temui di dalam game Valorant. Kesepuluh map tersebut adalah Sunset, Pearl, Lotus, Fracture, Bind, Icebox, Breeze, Split, Haven dan Ascent. 

Pahami lokasi-lokasi check point yang ada di setiap map tersebut, termasuk spot-spot yang bagus untuk mengintai maupun ideal sebagai persembunyian musuh. Semakin tinggi jam bermainmu, biasanya semakin mudah menghafal dan menguasai setiap karakteristik map yang ada di Valorant.

  • Melatih Akurasi Bidikan

Akurasi bidikan atau aiming serta crosshair placement sangatlah penting dalam game FPS, termasuk Valorant. Untuk itu, seorang player harus sering melatih aiming dan crosshair placement agar dapat membidik musuh dengan akurat. 

Manfaatkan mode Practice untuk melatih akurasi bidikan dan keterampilan lain untuk menaklukkan lawan dengan cepat di The Range. Kamu juga dapat mencoba kemampuan setiap senjata yang tersedia di Valorant ketika berlatih di The Range.

  • Jalin Komunikasi dengan Tim

Komunikasi antar anggota tim akan memberimu peluang menang di game Valorant. Tim dapat berkomunikasi tentang posisi musuh, strategi mencapai target dan topik lainnya perlu dilakukan agar tim dapat bermain secara efektif. 

Bila ingin tim yang lebih solid, sebaiknya bermain dengan teman yang kamu kenal di dunia nyata atau dari komunitas Valorant. Dengan begitu kamu tak akan canggung untuk memulai komunikasi dengan anggota tim lain karena sudah mengenal karakter masing-masing. 

  • Mainkan Deathmatch dan Spike Rush

Mainkan Deathmatch dan Spike Rush terlebih dahulu sebelum kamu mencoba mode Unrated. Ketika berlatih di The Range, lawanmu hanyalah bot yang tidak menyerang balik. Namun ketika bermain di Deathmatch, kamu akan merasakan pertempuran yang sebenarnya. 

Selanjutnya, jika sudah terbiasa melawan pemain sungguhan, barulah pindah ke mode Spike Rush.

  • Belajar dari Player Lain

Selain mencoba memainkan game Valorant secara langsung, kamu juga bisa menonton gameplay Valorant yang dimainkan oleh profesional. Konten Valorant oleh profesional saat ini mudah ditemui di YouTube sehingga kamu dapat belajar tips memainkan game ini dari para ahlinya. Termasuk menonton kiprah para profesional ini mengikuti turnamen Valorant.

Bermain game Valorant bisa membingungkan bagi seorang pemula. Namun dengan mengikuti cara memulai bermain Valorant untuk pemain pemula di atas, jalannya permainanmu akan semakin mulus. Selamat bertempur!

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments