Minggu, Juni 30, 2024
BerandaBlogKapan Free Fire Ditutup? Pastikan Faktanya Disini!

Kapan Free Fire Ditutup? Pastikan Faktanya Disini!

Free Fire adalah salah satu game mobil battle royale yang sangat populer dan sudah lahir sangat lama. Sayangnya, di tengah keasyikan bermain game ini, ada isu jika Free Fire akan ditutup. Lantas kapan Free Fire ditutup, dan bagaimana fakta sebenarnya?

Free Fire atau yang kerap disebut FF ini bisa dikatakan sebagai game Battle Royale terpopuler yang ada di Play Store. Game yang sudah ada sejak 2017 ini sudah memiliki angka download yang cukup fantastis dari semua kalangan pengguna smartphone.

Bagaimana tidak, ukurannya yang ringan serta gameplay-nya yang seru menjadi salah satu alasan mengapa game ini begitu diminati. Garena juga selalu melakukan maintenance dan update untuk menjaga kualitas game.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ukuran game yang semakin besar dan semakin banyak pula game-game baru yang bermunculan membuat Free Fire banyak ditinggal oleh para player-nya. Hal ini kian memperkuat isu, kapan Free Fire ditutup. Lalu bagaimana dengan fakta sesungguhnya?

Kapan Free Fire Ditutup?

Game mobile yang berada di bawah naungan Garena ini semakin hari memang semakin mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Namun tidak dapat dimungkiri bahwa antusias masyarakat justru agak menurun karena ukuran game yang terlalu besar.

Tidak jarang mereka lebih memilih pindah ke game serupa yang memiliki ukuran kecil meskipun gameplay-nya yang masih di bawah FF. 

Penurunan jumlah pengguna aktif FF inilah yang kian memperkuat isu ditutupnya Free Fire dari Indonesia.

Namun tenang saja, hal tersebut tidaklah benar karena FF ini mendapat dukungan positif dari pemerintah Indonesia. Selain itu, hingga saat ini kamu juga masih bisa menemukan Free Fire di Play Store Indonesia.

Kapan Free Fire Ditutup? Pastikan Faktanya Disini!

Baca juga : Cari Voucher game murah ? Disini tempatnya

Lain ceritanya dengan Free Fire di India yang memang sudah lama sekali ditutup semenjak 2013 silam. Tetapi hal tersebut tidak terjadi di Indonesia, karena bagaimanapun Free Fire juga mendukung ekosistem E-Sport di berbagai negara di dunia, termasuk salah satunya Indonesia.

Tidak hanya itu, Free Fire juga kerap kali mengadakan turnamen bagi para pecinta FF setiap tahunnya. Biasanya, FF akan mengadakan turnamen pada event besar seperti bulan ramadhan, tahun baru, maupun event-event lainnya.

Hanya saja, perjalanan Free Fire memanglah tidak selalu mulus. Tidak cuma mendapatkan ulasan positif saja melainkan tidak jarang yang melontarkan kritikan pedas pada game populer ini.

Ada yang mengklaim bahwa FF adalah game yang tidak pantas untuk dimainkan serta dapat merusak moral anak bangsa, sehingga banyak yang menuntut supaya kominfo memblokir FF. Hal tersebut diungkapkan pada laman resmi Free Fire yang mana pihak FF juga menyayangkan akan hal itu.

FF menegaskan bahwa Free Fire hanyalah sebuah game untuk bersenang-senang dan tidak untuk ditirukan di dunia nyata. Mungkin hal inilah yang menjadi latar belakang pemicu isu bahwa Free Fire akan ditutup di Indonesia.

Ditegaskan sekali lagi, bahwa untuk untuk isu kapan Free Fire tutup tidaklah benar. Pasalnya, belum ditemukan pernyataan maupun bukti resmi bahwa Free Fire akan ditutup atau diblokir.

Baca juga : Cari top up Diamond FF murah? Mulai Rp. 900 sudah bisa

Free Fire Tumpuan Utama Garena

Seperti yang diketahui, Free Fire adalah game battle ground yang sangat populer di dunia. Nyatanya, saat ini Free Fire sudah diunduh lebih dari 1 milyar kali di Play Store dengan rating 4.0/5.0.

Rating tersebut sekaligus menjadi bukti antusias masyarakat pada game ini. Bisa dibayangkan pendapatan Garena dari game battle ground yang satu ini, jadi sepertinya agak mustahil jika Free Fire akan dihapus.

Kapan Free Fire Ditutup?

Pendapatan Garena sendiri didapatkan dari penjualan diamond, pembelian Bundle hingga member mingguan. Jika pengguna FF sekarang mencapai angka lebih dari 1 milyar, maka angka pendapatannya juga sangat fantastis, bukan?

Meskipun sudah banyak bermunculan game serupa seperti PUBG Mobile, namun ternyata Free Fire tetap memiliki posisi tersendiri di hati para player setianya. Bahkan dari Indonesia sendiri banyak atlet Free Fire yang bertanding di ajang ESport setiap tahunnya.

Daftar Game Populer yang Terdaftar di Kominfo

Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika adalah sebuah lembaga pemerintah yang memiliki wewenang untuk mengizinkan maupun memblokir media komunikasi dan informatika yang tidak sesuai dengan peraturan atau UU.

Dalam hal ini, maka kominfo juga berhak untuk menutup Free Fire di Indonesia. Akan tetapi, pada kenyataannya Free Fire masih berada di dalam daftar game populer gratis yang diijinkan Kominfo secara legal dan disusul oleh banyak game populer lainnya seperti:

  • Free Fire
  • PUBG Mobile
  • AOV atau Arena Of Valor
  • Mobile Legends : Adventure
  • Mobile Legends : Bang – Bang
  • Honkai Impact 3rd
  • Call Of Duty Mobile
  • Fairy Tail
  • Honkai Star Rail
  • Blockman Go
  • Speed Drifters
  • Watcher of Realms
  • Hundred Days
  • Genshin Impact dan lain sebagainya.

Nah, dari daftar di atas sudah diketahui bahwa Free Fire turut ikut di dalamnya. Sehingga isu kapan Free Fire ditutup tidaklah benar. Saat ini kamu pun masih dapat mengunduhnya secara gratis dan mudah melalui Google Play Store ataupun App Store.

RELATED ARTICLES

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments